http://adf.ly/BmW9G

Jumat, 18 Desember 2009

JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA

By: wahyu tri hidayat pakek belouth

Jenis-Jenis Kenakalan Remaja
Soekanto, (1996: 7) menggolongkan masalah kenakalan remaja sebagai berikut: “(1) Masalah kenakalan remaja sebagai masalah sosisal; (2) Kenakalan remaja sebagai penyimpangan terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat; (3) Kenakalan remaja sebagai masalah psikologis”.
Selanjutnya Jensen dalam Sarwono, (2007: 209) membagi jenis kenakalan remaja menjadi empat jenis antara lain:
1. Kenakalan yang menimbulkan korban fisik orang lain lain: perkelahian, perkosaan, perampokan, pembunuhan, dan lain-lain
2. Kenakalan yang menimbulkan korban materi: perusakan, pencurian, pencopetan, pemerasaan dan lain-lain
3. Kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban bagi orang lain: pelacuran, penyalah gunaan obat dan alkoholisme. Di Indonesia mungkin dapat juga dimasukan hubungan perilaku seks pra-nikah dalam jenis (pekerja seks komesial)
4. Kenakalan yang melawan setatus, misal mengingkari setatus anak pelajar dengan cara membolos, mengingkari setatus orang tua dengan cara minggat dari rumah, membangkang dan sebagainya.
Berdasarkan pendapat di atas bahwa kenakalan remaja terbagai menjadi empat jenis yaitu kenakalan yang menimbulkan akibat fisik bagi orang lain, kenakalan yang menimbulkan korban materi, kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban bagi orang lain, dan kenakalan yang melawan setatus dan dapat digolongkan menjadi masalah sosial, masalah psikologis dan pelanggaran norma-norma yang ada di masyarakat.
Bakolak Inpres No. 6/1971 dalam Willis, (2005: 91) mejelaskan jenis kenakalan remaja ialah sebagai berikut: “(1) Pencurian; (2) Penipuan; (3) Perkelahian; (4) Perusakan; (5) Penganiayaan; (6) Perampokan; (7) Norkotika; (8) Pelanggaran asusila; (9) Pelanggaran; (10) Pembunuhan, (11) Kejahatan lain”.

REFRENSI
Dariyono, Agoes, 2004, Psikologi Perkembangan Remaja, Ghalia Indonesia: Bogor selatan.
Soerjono, Soekanto, 1996, Remaja Dan Masalah-Masalahnya, PT. BPK Gunung Mulia: Jakarta
Willis, Sofyan. S, 2005, Remaja dan Masalahnya, Alfabeta: Bandung.
Wirawan Sarwono, Salitro, 2007, Pesikologi Remaja, PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Tidak ada komentar: